News Updates

Home » Tentang Kurma » MENANAM BIBIT KURMA BETINA DAN JANTAN DI INDONESIA

Tanaman kurma dengan nama latin Phoenix Dectylifera adalah tumbuhan yang tumbuh subur di tanah Timur Tengah laksana Arab Saudi, Mesir,Turki, Irak, Iran, dan Maroko. Umumnya pohon kurma bakal berbuah sesudah berumur 4 hingga dengan 7 tahun dan hasilnya dapat dipetik sesudah pohon kurma berusia 7-10 tahun. Bangsa Arab dan bangsa Timur Tengah lainnya sudah menyebarluaskan pohon kurma ke penjuru dunia. Di distrik Timur Tengah musim panen buah kurma pada bulan Agustus sebab pada bulan Agustus suhu di Timur Tengah dapat mencapai 40 hingga 50 derajat Celsius situasi ini tidak dapat dibandingkan dengan suhu di Indonesia yang melulu mencapai 33 derajat Celsius saja.

Untuk menempatkan pohon kurma dan menemukan hasil buah kurma yang sempurna dibutuhkan panas yang lumayan tinggi serta tidak banyak curah hujan sementara di Indonesia mempunyai curah hujan yang tinggi khususnya di musim penghujan, namun kamu sekarang sudah dapat menanam dan menikmati buah kurma dari tanah Indonesia sebab sekarang sudah tidak sedikit yang mengerjakan usaha jual bibit kurma. Pohon kurma yang dapat tumbuh di Indonesia mempunyai tinggi yang lebih pendek bila dikomparasikan dengan pohon kurma di Arab. Cara penanaman pohon kurma yaitu:

  1. Penanaman biji
    Biji dapat didatangi di unsur dalam daging kurma, terjadinya penyerbukan oleh jantan dan betina menciptakan biji berukuran lebih banyak sehingga buah juga jauh lebih besar. Penanaman memakai biji bakal menghasilkan komparasi 50:50 betina jantan
  2. Penanaman anak kurma
    Anak kurma berasal dari pangkal pohon kurma yang telah berumur, anak kurma dapat dipisahkan dari induknya kemudian ditanam di lokasi lain namun teknik ini susah dilaksanakan karena memerlukan kemampuan dan tingkat kecermatan yang tinggi supaya tidak merusak anak kurma atau indukkan pohon kurma tersebut sendiri. Hasil dari anak kurma ini 70% adalah pohon kurma betina sebab anakkan hanya didapatkan oleh pohon kurma betina.
  3. Kultur jaringan
    Jenis penanaman ini tidak sedikit menghasilkan pohon kurma yang sesuai ditanam di Indonesia sebab dengan kiat kultur jaringan didapatkan bibit kurma unggul yang mempunyai ukuran pohon lebih pendek dan berbuah lebih cepat. Namun harga bibit kurma dari kultur jaringan tidak banyak lebih mahal sebab dalam proses pembibitannya memerlukan ongkos yang tidak tidak banyak pula.

Pohon kurma memiliki dua jenis yakni pohon kurma jantan dan pohon kurma betina, pohon kurma jantan tidak dapat berbuah dan tidak mempunyai anakkan atau bibit tetapi dapat membuahi pohon kurma betina, sementara pohon kurma betina dapat berbunga, berbibit dan berbuah walaupun tanpa dibuahi jantan.

Sehingga semua petani lebih suka mengumpulkan pohon kurma betina dan tidak sedikit penjual bibit kurma yang memilihjual bibit kurma betina sebagai ladang usaha ketimbang jual bibit kurma jantan, bibit pohon kurma jantang paling jarang terjadi tetapi kehadiran pohon kurma jantan sangat dominan untuk menambah kualitas buah dari pohon kurma betina, walapun dapat berbuah sendiri buah kurma betina bakal berukuran kecil dan rasanya masam bila tidak dibuahi pohon kurma jantan.

Tertarik untuk menempatkan pohon kurma di pekarangan lokasi tinggal dan merasakan buah kurma hasil pohon sendiri, segera beli bibit kurma unggul DI SINI 0857-2977-7657.

(Visited 1 times, 1 visits today)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Name *
Email *
Website

Maps :

HUBUNGI SEKARANG