News Updates

Home » Tentang Kurma » Berapa Harga Buah Kurma Asli Indonesia

harga buah kurma segar

Bagi Anda yang hobi budidaya pohon kurma, perlu diketahui bila harga jual kurma tinggi pabila dalam keadaan segar (fase ruthab).

Kurma segar atau fase ruthab memiliki rasa yang amat manis dan memiliki kandungan vitamin dan mineral yang tinggi. Kurma segar memiliki daya tahan hanya tiga hingga empat minggu saja, sehingga kurma macam ini jarang dijumpai di Indonesia terkecuali oleh-oleh dari kawan atau orang terdekat pulang dari umroh dan bertepatan dengan hari panen kurma. Di Indonesia, kurma yang dijual di pasar swalayan, toko buah, dan beberapa mall di Indonesia merupakan kurma kering.

Berbeda dengan kurma kering, kurma segar memilii harga yang lebih tinggi daripada kurma kering atau tamar yang sering Anda jumpai di Indonesia. Di tempat asalnya, Arab Saudi, harga buah kurma segar memiliki di pasar mencapai 100,- Riyal atau bila dirupiahkan sekitar Rp366.00 per kilogram. Bila melihat harga jual di tanah asal, kemungkinan harga kurma di Indonesia pun akan melambung tinggi, terlebih permintaan pasar terbilang pesat di Indonesia.

Beberapa tahun terakhir, di Indonesia, tepatnya di Indramayu Jawa Barat, kurma segar seringkali dipanen dan memiliki harga per kilogram mencapai Rp350.000. sayang, kurma segar atau kurma ruthab rasa yang dimiliki belum semanis di Arab Saudi, yaitu rasa sepet kalau belum diberi serbuk pollen jantan bunga pohon jantan.

Pohon kurma mulai berbuah mulai usia empat hingga sepuluh tahun. Pohon kurma berusia dewasa seringkali menghasilkan 80 hingga 120 kilogram buah per tahun, bahkan kurma tropis mampu menghasilkan 300 kilogram per pohon per tahun. Mengejutkan, bukan?

Baca Juga : Cara Tepat Memilih Bibit Kurma Yang Cocok Di Indonesia (Kurma Tropis)

Dengan melihat harga kurma di Indonesia dan jumlah produksi yang tinggi, Anda akan mempelajari soal proses budidaya hingga nilai ekonomi yang serupa dengan satu hektar pohon sawit. Sebagai contoh data, panen kurma di Indonesia di titik pertengahan mencapai 100 kilogram per tahun per pohon, maka satu pohon memiliki potensi menghasilkan Rp35-juta per pohon per tahun bila Anda jual dalam keadaan segar. Berapa jumlah keuntungan yang akan Anda dapatkan? Silakan berandai-andai terlebih dahulu.

Bila di sekitar rumah Anda terdapat lahan seluas satu hektar dan ditanami oleh pohon sawit yang rata-rata menghasilkan 30 ton per tahun, atau Rp1.150 per kilogram Tandan Buah Sawit (TBS). Kalau dinominalkan dalam jumlah per tahun, harga pohon sawit mencapai Rp34-juta. Nah, silakan bandingkan dengan satu pohon kurma yang lebih tinggi potensi hasinya daripada satu hektar pohon sawit.

Demikian tadi artikel kami terkait harga buah kurma. Bagaimana, Anda mulai tertarik budidaya pohon kurma di rumah? Bingung soal bibit yang berkualitas kira-kira diperoleh di mana?

Di Bibit Buahku segala bibit-benih, termasuk bibit kurma, kami sediakan untuk Anda. Cukup membuka Bibitbuahku.com, catat nomor yang tercantum, selanjutnya hubungi customer service kami. tau bisa langsung anda Klick => DI SINI.

BIBIT KURMA UNGGUL

Hubungi:

085 729 777 657

-BIBIT BUAHKU-

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Name *
Email *
Website

Maps :