News Updates

Home » Perawatan Kurma » Mengenal Hama Pohon Kurma dan Cara Paling Ampuh Untuk Mengatasinya

Hama Pohon Kurma – Di daerah tropis seperti Indonesia kurma dapat tumbuh meski memiliki tantangan dan resiko dibandingkan dengan daerah asal, Timur Tengah, serta daerah beriklim subtropis seperti Australia dan California.

Namun bila Anda mencoba membudidayakan tanpa mengetahui hama pohon kurma, tentu budidaya tanaman tak pernah mencecap hasil.

Seperti tumbuhan lainnya, pertumbuhan pohon kurma sering terganggu hama berupa belalang (Valanga Nigricans yang memakan daun tanaman kurma. Semisal Anda membiarkannya, daun akan habis dan tersisa batangnya saja dan membuat tanaman tak menghasilkan buah yang unggul. Seperti yang kami ucapkan di awal paragraf, iklim tropis rentan akan kehadiran uret, jamur, belalang, kumbang, dan ulat. Di usia 0-1 tahun setelah pindah lahan (SPL) merupakan usia yang rentan terhadap serangan hama dan penyakit. Entah bibit yang berasal dari biji, offshoot atau anakan, maupun bibit kuljar.

Beberapa penyakit yang sering ditemukan berdasarkan pengalaman yang kami dan beberapa pekebun lakukan adalah sebagai berikut.

  1. Daun muda pohon kurma sangat disukai oleh hama, seperti belalang dan ulat.
  2. Iklim tropis yang cenderung lembab menjadi tempat nyaman bagi jamur, terlebih di daun kurma dan karat daun.
  3. Uret atau ulat dalam tanah yang menyukai akar (memakannya) dan menyebabkan tanaman mati.
  4. Kumbang kurma atau pun kelapa yang memakan bagian batang tanaman menyebabkan tanaman mati.

Setelah mengetahui hama pohon kurma, Anda sebaiknya mengetahui langkah penanggulangannya, seperti yang kami uraikan di paragraf selanjutnya.

  • Anda perlu menyemprot insektisida bila hama yang ditemukan berupa belalang dan ulat. Pun penggunaan Curacron dapat Anda gunakan atau semprotkan setiap satu kali dalam satu minggu.
  • Berbeda dengan hama belalang dan ulat, jamur dan karat daun perlu Anda semprot menggunakan fungisida atau pun Antracol/ Dithane 45
  • Selanjutnya adalah pemberian furadan yang Anda taburkan di sekitar pohon jika hama yang menyerang tanaman adalah uret tanah.

Semoga informasi yang Pusat Kurma Tropis.com uraikan perihal hama pohon kurma memberi manfaat bagi Anda dan tanaman yang dibudidayakan. Sekian dari kami, semoga hasil yang didapat kelak akan maksimal, dan terima kasih. Sampai jumpa di lain perjumpaan.

(Visited 1.873 times, 1 visits today)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Name *
Email *
Website

Maps :

HUBUNGI SEKARANG