News Updates

Home » Bibit Kurma » Jual Bibit Kurma Tropis Hybrid Kolak One (KL 1)

Jual Bibit Kurma Tropis KL 1

Berbicara Kurma Tropis akan sangat kurang sopan pabila tak menyebut Thailand sebagai negara yang berhasil membudidayakan dan mengembangkan biji kurma dalam skala besar dan dapat hidup di negara beriklim tropis. Biji kurma tropis diimpor dari negara Thailand, sebagai negara yang mencentuskan perihal tanaman kurma agar dapat hidup di daerah tropis. Berkat kerja keras Profesor Sam Lak Juan asal Thailand yang menyebabkan kurma Kolak One atau yang sekarang dikenal dengan nama Kurma Tropis KL1 Hybrid dapat hidup di daerah tropis, begitu juga di Indonesia.

Tanaman kurma tropis menjadi salah satu tanaman unggulan karena kemampuan beradaptasi pada lingkungan tropis dan mampu memproduksi buah yang cukup banyak setiap kali berbuah. Soal keuntungan dari budidaya kurma tropis, tentu amat menggiurkan seolah tertimpa durian di siang hari, baik sebagai alternatif pengembangan tanaman skala rumahan, maupun skala perkebunan. Di Indonesia, budidaya kurma tropis tak kalah saing dengan budidaya tanaman karet, kelapa sawit, pohon jati. Keuntungan bertani kurma tropis telah menyeret pasar agar tetap memasok sekian banyak kurma tropis agar dijadikan komoditi unggulan. Meskipun, harga kurma di pasaran terbilang mahal, masyarakat selalu antusias terhadap buah ini. Hal ini tentu saja menjadikan kurma sebagai peluang usaha yang sangat menjanjikan. Baik untuk saat ini dan saat nanti.

Baca Juga : Analisis Keuntungan Budidaya Kurma Tropis KL 1 di Indonesia

Biji Kurma Thailand Tropis KL1 merupakan biji kurma tropis yang dapat menancapkan hidupnya (baca: tumbuh subur) di daerah beriklim tropis. Kurma Tropis KL1 merupakan varietas baru hasil persilangan antara jenis Barhee dengan Deglet Nour. Saat ini, kurma KL1 begitu adaptif atau ramah terhadap iklim tropis. Kurma tropis KL1 yang baru tumbuh buah untuk pertama kali biasanya tingginya hanya 1 meter, berbeda dengan kurma biasa yang tinggi pohonnya mencapai 10 meter. Tanaman Kurma Tropis KL1 ini dapat di tanam di lahan kebun, maupun di pekarangan rumah, sedangkan tumbuh optimal disarankan di daerah ketinggian 50 mdpl dengan curah hujan 1500 mm pertahun dan suhu sekitar 32-35 derajat celcius.

Perihal penanaman di lahan, silakan lubang tanam digali dengan ukuran 50 x 50 x 50 cm, lalu tanah galian diolah dengan pupuk kandang—demi menghasilkan bibit yang memuaskan, kemudian masukkan bibit kurma tropis, dan tahap terakhir ialah menutup lubang tanam menggunakan tanah yang telah diolah atau dicampur dengan pupuk kandang, serta jangan lupa disiram air secukupnya. Perlu diingat perihal lahan yang digunakan sebisa mungkin tanah lapang yang datar agar tanaman kurma tropis mampu tumbuh maksimal dan menghasilkan buah sesuai ekspetasi. Kurma tropis KL1 sudah bisa dipanen dan dinikmati ketika fase khalal atau mengkal, dan juga pada fase ruthob atau matang segar. Pohon kurma KL1 dengan sumber bibit dari biji biasanya dapat berbuah di usia 4 sampai 6 tahun sejak penanaman di kebun/ ladang, itupun bergantung perlakuan petani terhadap bibit kurma tropis.

Kalapun Anda memiliki keinginan menjadi petani kurma tropis dan terhalang lebar lahan, jangan menundukkan kepala seolah keresahan telah mampir di kepala Anda. Tanaman kurma tropis ini dapat ditanam di dalam pot. Anda tetap memiliki peluang membudidayakan dan meraup keuntungan walau hanya menanamnya di depan rumah. Prosesnya tentu Anda menyediakan pot berdiameter 100 cm. Media tanamnya menggunakan campuran tanah, pupuk kandang, dan sekam. Setelah bibit ditanam, jangan lupa untuk menyiram tanaman dengan air secukupnya setiap hari dan diberi pupuk NPK satu bulan sekali. Nah, sudah siap menjadi petani Kurma Tropis KL1?

(Visited 6.139 times, 1 visits today)

Comments

  1. Tanya ya, lahan gambut cocok ndak untuk berkebun kurma. Di lahan tsb saat ini sdg digalakkan berkebun kelapa sawit

    1. waalaikum salam, untuk price list kami kirim via wa, silahkan ,menghubungi bagisn pemasran kami di 085743852768

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Name *
Email *
Website

Maps :

HUBUNGI SEKARANG