News Updates

Home » Tentang Kurma » Sejak Kapan Pohon Kurma Tropis Masuk Ke Indonesia

Kurma tropis masih menjadi primadona para penghobi tanaman buah di Indonesia sampai saat ini. Tidak hanya itu, masyarakat umumpun banyak yang inigin menanam bibit kurma tropis. Hal ini dikarenakan, suatu kabar yang menggembirakan bagi masyarakat Indonesia, dimana buah kurma yang biasa kita konsumsi terutama saat bulan puasa bukanlah buah yang tumbuh dinegara kita sendiri, melainkan dari negara timur tengah terutama Arab Saudi. Sehingga adanya kabar bahwa pohon kurma mampu berbuah di Indonesia merupakan kabar yang sangat menggemberikan sekaligus mengejutkan.

Namun tidak banyak dari kita yang kurang mengetahui lebih mendalam sebenarnya mengapa baru kali ini kabar bahwa pohon kurma mampu tumbuh di Indonesia? Padahal buah kurma ini sudah dikenal masyarakat Indonesia sudah puluhan bahkan ratusan tahun yang lalu. Apakah tidak ada masyarakat Indonesia yang berinisiatif untuk menanamnya?

Berikut kami sampaikan beberapa informasi yang kami dapat dari beberap sumber, dan sedikit dari analisa kami. Semoga anda berkenan untuk menerimanya.

Apakah masayarakat Indonesia dari dulu tidak ada satu orang pun yang berinisiatif menanam pohon kurma?

Sebenarnya, sejak dahulu pohon kurma sudah banyak dijumpai di Indonesia, dan kebanyakan dari biji. Ada dua kemungkinan, bahwa pohon tersebut memang ditanam dari biji olek pemiliknya, atau karena biji buah kurma yang dibuang dan tanpa disengaja tumbuh menjadi besar. Namun tidak semua pohon kurma yang tumbuh di Indonesia mampu berbuah, hanya sebagian kecil pohon kurma di Indonesia mampu berbuah dan itupaun tidak berbuah maksimal, ada yang berukuran kecil ada pula yang berasa sepat. Jadi bisa dikatakan pohon kurma yang berbuah di Indonesia dulu bukan berdasarkan penelitian atau pengamatan, melainkan untung-untungan, sehingga tidak bisa menjadi dasar bahwa kurma dapat berbuah baik di Indonesia.

Baca Juga : Keunggulan dan Kelemehan Bibit Kurma Tropis Dari Biji

Lalu kenapa baru kali ini Indonesia mengetahui bahwa kurma mampu tumbuh dan berbuah dengan baik di daerah tropis seperti Indonesia?

Bidang pertanian Indonesia terutama sektor tanaman buah, dari zaman dahulu sampai saat ini hampir sebagian besar berkiblat dari Negara Thailand, contoh saja Jambu Biji Bangkok, Lengkeng Itoh, dan yang terbaru adalah Pamelo Merah. Demikian juga kurma, masyarakat Indonesia pertama kali mengetahui bahwa pohon kurma mampu tumbuh di Indonesia yaitu saat Thailand telah berhasil menemukan salah satu jenis kurma yang sangat bagus dan cocok didaerah tropis. Yaitu kurma KL-1 yang ditemukan oleh Sak Lamjuan PhD. Penemuan tersebut berdasarkan penelitiannya yang sudah dilakukan hampir 11 tahun dengan penuh kesabaran ahirnya kurma tropis pertama kali ditemukan olehnya.

Pada tahun 2011 kurma tropis jenis KL-1 mualai dikembangkan, saat itu baru sedkikit masyarakat Indonesia yang mengetahui kabar gtersebut, namun karena belum melihat hasil buah yang keluar dari pohon-pohon tersebut, ketertarikan untuk mencoba menanam di negara Indonesia masih kurang. Namun pada tahun 2016 sekitar bulan agustus, pohon-pohon kurma yang ia tanam telah membuahkan hasil, dan pada saat itulah masyarakat Indonesia melihat bahwa peluah besar bagi Indonesia untuk ikut membudidayakannya. Hal ini dikarenakan iklim, suhu, cuaca dan musim di Negara Thailand hampir sama dengan di Indonesia sehingga membuat meraka optimis untuk membudidayakannya.

Sehingga mulai sekitar tahun 2016 sampai sekarang banyak masayrakat Indonesia yang berbondong-bondong ingin melihat langsung pohon kurma tropis yang sedang berbuaha yang ada di Thailand. Selain itu beberapa pelatihan dan seminar terkait pembudidayaan kurma tropis juga gencar dilaksanakan akhir-akhir ini. berikut adalah salah satu contoh kunjungan kawan kami yang bulan ini (juli 2017) melakukan kunjungan dengan rombongan.

Baca Juga : Penyebaran Poohon Kurma di Indonesia

Semenjak itulah masyarakat Indonesia mulai berbondong-bondong menanam kurma Tropis. Hal itu diperkuat dengan bukti bahwa dibeberpa daerah di Indonesia, sudaha ada beberapa pohon kurma yang mampu berbuah dengan baik. Beberpa diantanya adalah jenis KL-1 dan Barhee. Beberapa tempat di Indonesia yang sudah terdapat pohon kurma berbuah adalah di daerah Bangka, Lampung, Bekasi, Sumatera Utara, Riau, Yogyakarta, Jawa Barat, dan satu lagi di Kabupaten Kudud Jawa Tengah yang bibitnya didatangkan dari kebun kami. berikut adalah gambar pohon kurma yang baru berusia 3 tahun sudah menampakkan buah.

Semoga semakin banyak pohon kurma yang berbuah di Indonesia.

(Visited 2.590 times, 1 visits today)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Name *
Email *
Website

Maps :

HUBUNGI SEKARANG