News Updates

Home » Tentang Kurma » Keunggulan dan Kelemahan Kurma Tropis perbanyakan dari Biji

Keunggulan dan Kelemahan Kurma Tropis perbanyakan dari Biji – Sebelumnya sudah saya tuliskan artikel terkait Keunggulan Dan Kelemahan Kurma Tropis Dari Perbanyakan Kultur Jaringan. Dalam artikel ini akan saya tuliskan beberpa hal yang saya ketahui terkait Keunggulan dan Kelemahan Kurma Tropis perbanyakan dari Biji.

Sebelum anda memulai untuk menanam bibit kurma tropis apalagi untuk sekala besar hal yang harus anda pertimbangkan selain jenis kurma adalah cara perbanyakan bibit kurma tropis itu sendiri. Selain dari perbanyakan kultur jaringan dan anakan, banyak bibit kurma tropis yang dijual dari perbanyakan biji. Dari ketiga cara perbanyakan tersebut ada keunggulan/kelebihan dan kelemahannya. Berikut adalah keunggulan dan kelemahan kurma tropis yang diperbanyak dari biji.

Keunggulan dan Kelemahan Kurma Tropis perbanyakan dari Biji
Biji Kurma Yang Disemai Umur 4 hari

Keunggulan Kurma Tropis dari Biji:

Di indonesia kebanyakan para petani pembibit kurma memperbanyak tanaman kurma dari biji, hal ini dikarenakan perbanyakan dari biji lebih mudah. Selain itu biji kurma tropis juga dijual bebas di Indonesia, meski kebanyakan juga hasil import dari negara laian seperti Thailand, sehingga biayanya lebih murah. Oleh karena itu bibit kurma dari biji dijual dengan harga jauh lebih murah dibandingkan dari kultur jaringan maupun anakan.

Banyak jenis kurma yang bisa diperbanyak dari biji sehingga bibit kurma yang dijual dari perbanyakan dari biji memiliki jenis yang lebih banyak, hal ini memudahkan pembeli untuk memilih jenis bibit kurma yang ingin ditanam.

Baca Juga : Sedia Bibit Kurma Tropis KL1 Perbanyakan dari Biji

Kelemahan Kurma Tropis dari Biji:

Perbanyakan dari biji ini termasuk dalam cara perbanyakan generatif, dimana terdapat beberapa kelamahan dalam cara perbanyakan ini. Beberapa diantaranya yaitu tanaman yang dihasilkan tidak dapat mewarisi sifat indukannya dengan sempurna. Seperti misal jika biji yang disemai adalah biji kurma barhee, KL1 atau ajwa, maka belum tentu nantinya buah yang dihasilkan dari pohon tersebut sesuai dengan jenis biji yang disemai. Hal ini dikarenakan biji terbentuk dari bunga jantan dan bunga betina, jika bunga betina adalah bunga jenis kurma barhee sedangkan bunga jantan bermacam-macam maka yang dihasilkanpun akan berbeda-beda. Meski dari pohon indukan yang sama. Ini biasnya terjadi pada kebun kurma yang penyerbukannya murni alami, dimana penyerbukan antara bunga jantan dan betina terjadi karena bantuan serangga atau angin. Sehingga bunga jantan yang menempel dibunga betina lebih bervariatif. Berbeda dengan penyerbukan buatan, yang dilakukan oleh bantuan manusia sperti yang banyak dilakukan diperkebunan kurma modern saat ini.

Selain itu perbanyakan dari biji juga memiliki kelemahan pada jenis kelamin bibit tersebut, dimana bibit kurma tropis dari biji memiliki dua kemungkinan yaitu berjenis kelamin jantan dan betina. Padahal saat bibit atau tanaman kurma belum menampakkan bakal bunga, sangat sulit sekali menentukan apakah bibit tersebut jantan atau betina. Meskipun kedua jenis sangat berperan penting namun kebanyakan pembeli lebih banyak mencari kurma jenis betina. Membeli pohon kurma tropis yang sudah berbunga atau berbuah adalah salah satu solusi terbaik. Karena jika anda mngambil solusi dari maslah ini yaitu dengan membeli bibit kurma dari kultur jaringan, maka anda tetap harus mencari kurma dengan kalamin jantan.

Ketiga, selain kedua kelemahan tersebut, baiasnya pohon kurma dari biji mempunyai waktu untuk berbuah lebih lama, sama halnya jenis tanaman buah lain yang diperbanyak secara generatif.

Keunggulan dan Kelemahan Kurma Tropis perbanyakan dari Biji
Pohon Kurma KL1 dari Biji Yang Mulai Berbuah Diusia 3.5 Tahun

Namun dari beberpa kelemahan tersebut anda bisa membaca lebih jauh penjelasan tentang kurma tropis dari biji jenis KL1. Bisa anda baca disini. Kurma tropis jnis KL1 dari biji memiliki beberapa keunggulan dari beberapa jenis kurma tropis lain yang juga doperbanyak dari biji. Pohon kurma tropis KL1 dari biji mampu berbuah lebih cepat, yaitu diusia sekitar 3 tahun, hampir sma dengan pohon kurma dari kultur jaringan. Selain itu sifat dari KL1 nya juga diwarisi, hal ini dikarena biji bukan merupakan biji fari buah KL1 melainkan dari biji buah hasil persilangan kurma delget nour dan barhee. Jual Biji Kurma KL1, persilangan antara jenis barhee dengan jenis delget nour. Karena jika dari biji buah buah kurma KL1 belum tentu nantinya akan tetap menjadi Kl1 misal karena penyerbukan dengan jenis kurma lain, begitu pula meskipun penyerbukan dari bunga jantan dan betina KL1 bisa jadi buah yang dihasilkan nanti mempunyai kualitas menurun atau bisa disebut KL1 F2.

untuk Pemesanan Bibit Kurma bisa menghubungi Costumer Service kami : 085 743 852 768 (WA on)

Comments

  1. Kami dari pt.beraliter bandung siap membantu untuk pengecekan pohon kurma jantan dan betina melalui LAB,kami sudah melakukan riset dari thn 2015

    Pengelompokan umur :

    Dari umur kita pisahkan
    1. 3 s/d 6 bln
    2. 7 s/d 12 bln
    3. 12 s/d 24 bln

    Melalui sample daun
    Terimakasih

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Name *
Email *
Website

Maps :