News Updates

Home » Tentang Kurma » Keunggulan Dan Kelemahan Kurma Tropis Kultur Jaringan

Keunggulan Dan Kelemahan Kurma Tropis Kultur Jaringan – Bagi anda yang sedang mecari bibit kurma tropis terkadang selain bingung memilih jenis kurma juga bingung memilih Kurma tropis kultur jaringan atau Kurma tropis dari biji. Kali ini saya akan memberikan sedikit pengetahuan saya kepada anda mengenai Bibit Kurma tropis kultur jaringan vs biji. Namun jika anda masih bingung untuk memilih jenis bibit kurma yang akan anda tanam, anda bisa membaca artikel saya sebelumnya terkait Kiat Memilih Jenis Kurma Tropis di Indonesia.

Memilih bibit kurma tropis kultur jaringan atau bibit kurma tropis dari biji memang sangat menentukan tingkat keberhasilan dan kepuasan anda. Sebenernya keduanya sama-sama bagus untuk dikembangkan, yang kurang bagus adalah ketika anda sudah berniat untuk menanam kurma tropis namun tidak jadi karena bingung memilih bibit. Untuk itu berikut akan saya sampaikan beberapa kekurangan dan kelebihan bibit kurma tropis dari kultur jaringan (kuljar).

Bibit Kurma Tropis dari Kultur Jaringan dijamin Betina

Baca Juga : Keunggulan dan Kelemahn Bibit Kurma Tropis dari Biji

Keunggulan Kurma Kultur Jaringan:

Bibit kurma tropis dari kultur jaringan mempunyai keunggulan utama yaitu sudah bisa dipastikan apakah bibit tersebut berkelamin jantan atau betina dengan persentaseketepatan 99%. Hal ini sangat penting karena kita tahu bahwa kurma jantan tidak bisa berbuah meski perananya penting, begitu pula kurma betina meskipun mampu berbuah tanpa peran kurma jantan namun buah yang dihasilkan jauh dari maksimal atau bisa dikatanakn hasilnya buruk baik dari segi ukuran maupun rasa.

Selain itu pohon kurma yang tumbuh dari perbanyakan kultur jaringan mampu mewarisi sifat dari indukannya. Hal ini sangat cocok untuk penanaman pohon kurma dalam skala besar, karena buah yang dihasilkan akan mempunyai kwalitas dan jenis yang sama, sehingga pekebun akan lebih menjual hasil produksinya.

Perbanyakan dari kultur jaringan juga akan mempercepat pohon untuk berbuah, sama sperti jenis tanaman buah lain yang diperbanyak dengan cara vegetatif seperti cangkok, okulasi, sambung, tempel atau selainnya. Pohon kurma dari kultur jaringan salah satunya jenis barhee mampu berbuah di daerah tropis yaitu negara Thailand misalnya diusia kurang lebih 3 tahun, sedangkan kurma jenis yang sama yaitu barhee yang perbanyakannya dari biji baru berbuah diusia sekitar 6 tahun.

Diatas adalah tiga keunggulan kurma dari perbanyakan kultur jaringan yang saya ketahui, kemungkinan masih ada banyak lagi keungulan-keungulan tanaman kurma dari perbanyakan kultur jaringan. Baca juga Jual Kurma Tropis Kultur Jaringan Jenis Barhee. Namun selain memiliki banyak keunggulan, ada juga beberapa kelemahan dari kurma kultur jaringan.

Bibit Kurma Kultur Jaringan Ketika Masih di Laboratorium

Kelemahan Kurma Kultur Jaringan:

Tidak semua jenis kurma akan lebih bagus jika diperbanyak secara kultur jaringan, salah satunya jenis KL1. Kurma tropis jenis KL1 terkenal akan produktivtas buahnya yang genjang dan cepat berbuah, meski merupakan perbanyakan dari biji namun kurma jenis KL1 sudah mampu berbuah diusia sekitar 3 tahun. Namun jenis kurma KL1 yang diperbanyak secara kultur jaringan sampai saat ini di negara Thailand belum menampakkan bakal buah meski pohon sudah berusia lebih dari 3 tahun. Sehingga bibit kurma tropis jenis KL1 dari perbanyakan kultur jaringan belum bisa dikeluarkan karena masih dalam tahap penelitian.

Selain itu proses perbanyakan kurma secara kultur jaringan memiliki tingkat kesulitan yang tinggi, sama halnya proses kultur jaringan pada tanaman lain. Selain tingkat kesulitan yang tinggi, biaya untuk perbanyakan kultur jaringan juga relatif mahal. Hal ini mengakibatkan bibit kurma tropis dari kultur jaringan dijual dengan harga jauh lebih mahal dibandingkan Kurma Tropis dari Biji.

Baca juga: Jual Bibit Kurma Tropis Kultur Jaringan Jenis Barhee.

Bibit kurma tropis kultur jaringan yang dijual di Indonesia tidak diperbanyak didalam negeri, melainkan import dari negara lain yaitu Thailand dan Inggris. Hal ini menambah kesulitan penjual bibit untuk mendapatkan bibit kurma kultur jaringan, karena harus mengurus surat-surat perijinan yang lumayan banyak dan lama. Hal ini pula yang mengakibatkan harga bibit kurma tropis kultur jaringan terpaut jauh dangan perbanyakan dari biji.

Itulah beberapa kunggulan dan kelemahan dari bibit kurma tripis dari perbanyakan kultur jaringan atau kuljar. Semoga dapat memebrikan tambahan wawasan bagi para pembaca. Selain dari perbanyakan dengan sistem kultur jaringan, kurma juga diperbanyak dari biji. Untuk mengetahui apa sajakah keunggulan dari kurma tropis yang diperbanyak dari biji, slahkan anda baca artikel saya selanjutnya.

Baca juga : Keunggulan Dan Kelemahan Kurma Tropis Yang Diperbanyak Dari Biji

(Visited 3.446 times, 1 visits today)

Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Name *
Email *
Website

Maps :

HUBUNGI SEKARANG